Resep Kue Putu Bambu

Pernahkah Anda makan kue putu yang dibuat dengan menggunakan bambu? Resep kue putu bambu ini sebenarnya sangatlah mudah karena bahan-bahan yang digunakan tersedia berlimpah di pasar-pasar tradisional. Kue putu bambu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang masuk dalam kategori kue basah. Rasa dari kue ini mempunyai cita rasa sendiri dan cara pembuatannya pun unik karena menggunakan potongan bambu kecil sebagai cetakannya. Untuk membuat kue putu ini sebenarnya tidak harus menggunakan cetakan berbentuk bambu namun bisa menggunakan cetakan alumunium yang bentuknya tabung tanpa alas dan tutup namun rasanya tentu akan berbeda dengan kue putu yang dibuat dengan menggunakan bambu.

Yang khas dari kue putu bambu ini tidak hanya rasanya saja namun juga cara pembuatannya. Biasanya kita akan mengenali dengan mudah penjual putu bambu dari suaranya yang khas, dimana suara ini dihasilkan dari proses pembuatan kue putu bambu ini. Dari suaranya inilah penjual kue putu bambu sangat mudah untuk dikenali dari jarak jauh. Untuk membuat kue putu bambu ini Anda tidak perlu menggunakan cara seperti penjual putu bambu keliling yang mengeluarkan suara keras, karena Anda bisa menggunakan cara biasa yang akan dijelaskan dalam tulisan kali ini.

Resep kue putu bambu cukup simpel dengan rasa gurih manis yang khas dan taburan parutan kelapa muda yang menambah rasanya menjadi lebih enak apalagi disajikan selagi panas. Jika Anda tertarik untuk membuat resep kue putu bambu ini, siapkan bahan-bahannya seperti berikut ini:

Resep Kue Putu Bambu

  • 400 gram tepung beras kering
  • 150 gram kelapa muda yang sudah diparut
  • 125 gram gula merah yang sudah diiris menjadi tipis-tipis
  • 300 mililiter air matang yang bersih
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya
  • Cetakan bambu dengan ukuran diameter 3 hingga 5 cm sesuai dengan keinginan Anda

Untuk cara membuat kue putu bambu ini ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Didihkanlah air yang sudah disiapkan dengan menggunakan panci berukuran kecil. Masukkan garam dan daun pandan. Masaklah air sampai hangat atau jangan sampai mendidih, jika sudah hangat langsung matikan saja.
  2. Tuangkan tepung beras kering dalam sebuah wadah yang bersih kemudian tuangkan air yang sudah dimasak tadi ke dalam wadah tepung secara perlahan-lahan sambil diaduk secara perlahan. Aduk dan tuangkan air sampai habis dan terus diaduk sampai membentuk butiran yang halus.
  3. Siapkan saringan kasar dan tempatkan di atas mangkuk atau wadah yang cukup besar.
  4. Gosokkan adonan tadi di atas saringan yang sudah disiapkan tadi sampai butiran halus dan tertuang di dalam wadah yang ada di bawahnya. Jika putu bambu ini ingin diberi warna, sebaiknya berikan warna pada adonan tepung digosok dengan menggunakan saringan.
  5. Cetaklah butiran halus yang terbentuk dalam cetakan bambu yang sudah disiapkan. Masukkan sampai setengahnya saja kemudian isikan sisiran gula merah lalu tutup kembali dengan adonan. Lakukanlah sampai adonan habis dan tidak ada tersisa.
  6. Kukuslah putu yang sudah dicetak tadi selama kurang lebih 10 menit. Kemudian angkat dan lepaskan dengan cara mendorong belakang kue ini sampai keluar.
  7. Sajikan selagi hangat.

Lihat Juga: Resep Bolu Karamel Sarang Semut Enak

Kue putu bambu ini memang sangat enak jika disajikan dalam keadaan yang masih hangat ataupun masih panas. Rasa manis gula Jawa bercampur dengan parutan kelapa menghasilkan rasa yang khas dan tidak bisa dirasakan dari kue tradisional atau kue basah lainnya. Agar lebih khas dan cita rasa dari kue putu bambu ini keluar, sebaiknya sajikan di atas daun pisang yang masih muda. Jangan lupa untuk menyeduh kopi atau teh sebagai teman untuk memakan kue putu bambu ini. Selamat mencoba resep kue putu bambu ini di rumah.