Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Lezat

Sudah pernahkah Anda mencoba resep kue putu ayu yang lezat dan lembut? Putu ayu sendiri merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia. Kue basah ini termasuk kue khas Indonesia yang dari dulu hingga sekarang masih banyak disukai. Tidak hanya orang dewasa saja yang menyukai kue ini, namun juga anak-anak dan remaja sangat menyukai kue putu ayu ini. Cita rasa dari kue ini yang manis dan gurih dengan taburan kelapa di atasnya membuat kue ini selalu cocok dengan lidah semua orang. Selain itu, tekstur kuenya yang lembut juga menjadi salah satu kelebihan lainnya dari kue putu ayu ini. Resep kue putu ayu cukup mudah dengan bahan utama tepung dan taburan kelapa parut. Anda bisa membentuk dan memilih warna sendiri dalam membuat kue ini.

Kue putu ayu juga dikenal dengan kue putri ayu, dimana kue ini sama saja hanya saja penyebutan namanya yang berbeda. Di beberapa daerah Indonesia menyebut kue putu ayu ini dengan nama kue putri ayu. Kue putu ayu ini identik dengan warna hijau dan berbentuk bunga, sebenarnya warna dari kue ini bisa diubah sesuai dengan selera Anda. Untuk bentuk dari kue ini sebenarnya menyesuaikan dari cetakan yang digunakan. Jika Anda ingin membuat kue putu ayu dengan bentuk binatang maka gunakanlah cetakan yang berbentuk binatang atau bentuk lainnya sesuai dengan selera Anda.

Kue Putu Ayu

Anda yang tertarik ingin membuat resep kue putu ayu ini, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya berikut ini:

  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Cake Emulsifier 1 sendok teh
  • Santan kelapa yang kental 200 mililiter
  • Telur ayam 2 butir
  • Pewarna makanan warna hijau atau yang lainnya secukupnya
  • Kelapa muda setengah tua secukupnya

Untuk membuat kue putu ayu ini caranya sangatlah mudah, yaitu:

  1. Kocoklah telur yang sudah dicampur dengan cake emulsifier dan gula pasir hingga mengembang dengan menggunakan mixer. Adonan sudah mengembang jika adonan sudah berubah warna menjadi warna putih. Gunakanlah mixer dengan kecepatan tinggi untuk mengocok adonan ini.
  2. Masukkan tepung terigu secara perlahan. Ketika memasukkan tepung terigu, sebaiknya mixer dikecilkan kecepatannya atau kalau bisa dimatikan saja.
  3. Aduk adonan yang sudah mengembang dengan tepung terigu sampai benar-benar tercampur sempurna.
  4. Tuangkanlah santan dalam adonan tepung dan adonan yang sudah dicampur tadi. Aduk sampai benar-benar merata secara keseluruhan.
  5. Tambahkan pewarna hijau secukupnya sampai warna benar-benar sesuai yang Anda inginkan. Kemudian sisihkan adonan ini.
  6. Siapkan kelapa parut kemudian campurkan dengan sedikit garam. Letakkan parutan kelapa ini pada dasar cetakan yang akan digunakan sampai padat.
  7. Masukkan atau tuangkan adonan di atas parutan kelapa tadi, lakukan sampai adonan habis. Untuk cetakannya bisa disesuaikan dan banyaknya adonan sebaiknya jangan terlalu penuh.
  8. Kukuslah kue putu ayu ini dengan menggunakan panci selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.
  9. Sajikan selagi hangat setelah matang.

Lihat Juga: Resep Kue Putu Bambu Tepung Beras Enak

Mudah bukan untuk membuat kue putu ayu ini? Resep kue putu ayu ini termasuk kue basah yang tidak tahan lama, paling lama hanya bisa bertahan sampai satu hari saja karena taburan kelapa yang ada di atasnya membuat kue ini menjadi cepat basi. Nah, jika Anda ingin membuat resep kue putu ayu ini, sebaiknya buatlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan bilamana kue yang dibuat tidak ingin dimakan semuanya, sebaiknya jangan taburi kelapa parut terlebih dahulu karena kue putu ayu yang tanpa kelapa lebih tahan lama.