Resep Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak

Sudah pernahkah Anda mencoba resep ayam bumbu rujak? Bagi para pencinta masakan pedas, tentu resep ini sudah asing lagi bukan? Resep bumbu rujak memang salah satu resep masakan pedas yang sangat direkomendasikan untuk memasak makanan agar menghasilkan rasa yang sangat pedas. Rasa dari bumbu rujak ini bisa membuat siapa saja merasakan sensasi pedas yang sangat luar biasa. Bumbu rujak bisa dipadukan dengan berbagai jenis bahan makanan termasuk ayam. Olahan ayam bumbu rujak ini dijamin bisa membuat Anda merasa puas dengan pedas yang diberikan dari bumbu-bumbunya.

Resep ayam bumbu rujak salah satu resep masakan ayam yang pedas dan lezat. Rasa bumbu rujak yang sangat pedas bis disesuaikan dengan tingkat kepedasan Anda. Bahan Dan Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak, Jika Anda tertarik ingin mengolah resep ayam bumbu rujak ini, siapkan saja bahan dan bumbu-bumbunya berikut ini:

Resep Ayam Bumbu Rujak

Bahan utama ayam bumbu rujak:

  • Ayam 1 ekor
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Air asam Jawa ½ sendok makan
  • Garam ¼ sendok teh
  • Serai 2 batang
  • Santan 400 mililiter
  • Minyak goreng 3 sendok makan

Bumbu ayam bumbu rujak:

  • Cabe merah 4 buah
  • Kemiri sangrai 4 buah
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 buah
  • Cabe merah keriting 6 buah
  • Jahe 2 cm

Sedangkan cara membuatnya yaitu:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah disiapkan kemudian potong menjadi 4 bagian ataupun dipotong sesuai dengan selera Anda. Pemilihan ayam boleh ayam broiler ataupun ayam kampung, lebih enak jika Anda memilih ayam kampung karena rasanya lebih manis dan enak tapi tentu saja ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ayam broiler atau ayam hasil peternakan.
  2. Lumurilah ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan tadi dengan air asam Jawa yang sudah disiapkan. Olesi sampai rata di setiap bagian ayam lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit atau 20 menit. Tujuan didiamkannya yaitu agar daging ayam lebih empuk dan enak ketika diolah tadi.
  3. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan untuk membuat ayam bumbu rujak ini. Semua bumbu dihaluskan kecuali jahe. Untuk jahe cukup di geprek saja agar mengeluarkan aroma dan cairan yang akan menambah cita rasa dari ayam bumbu rujak ini.
  4. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan menggunakan 3 sendok makan minyak goreng. Masukkan 2 batang serai yang sudah digeprek dan diambil bagian batangnya saja. Jangan lupa tambahkan daun salam dan daun jeruk. Tumis semuanya sampai layu dan mengeluarkan bau yang harum.
  5. Masukkan gula merah, kemudian masak sampai gulanya mencair lalu tambahkan ayam yang sudah dilumuri dengan air asam Jawa tadi. Tidak perlu dibersihkan karena air asam Jawa ini juga masuk dalam bumbu rujak. Aduk sampai bumbu dan ayam tercampur menjadi satu dan merata.
  6. Tambahkan santan yang sudah disiapkan dan masukkan garam sesuai dengan selera Anda. Aduk sampai merata dan biarkan sampai masakan menjadi mengental. Agar santan tidak pecah sesekali juga perlu di aduk dengan perlahan.
  7. Angkat ayam bumbu rujak ini jika santan sudah surut dan ayam sudah matang. Ayam bumbu rujak siap untuk disajikan.

Lihat Juga: Resep Ayam Bakar Kalasan Enak dan Gurih

Tingkat kepedasan dari ayam bumbu rujak ini bisa Anda atur sendiri, jika Anda menginginkan rasa yang sangat pedas bisa menambahkan cabe yang cukup banyak. Namun sebaliknya jika Anda tidak suka pedas sebaiknya kurangi saja cabenya. Makan makanan yang pedas memang sangat menggairahkan tapi sangat disarankan tidak terlalu banyak karena bisa mengganggu pencernaan dalam tubuh. Sangat disarankan minum satu gelas susu terlebih dahulu sebelum makan makanan yang sangat pedas. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep ayam bumbu rujak ini? Selamat mencoba di rumah.