Resep Cara Membuat Abon Ikan Tongkol

Cara membuat abon ikan tongkol sangat mudah dan sama dengan membuat abon lainnya hanya saja bahan utama yang digunakan diganti menjadi ikan tongkol. Tidak hanya ikan tongkol saja yang bisa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat abon ikan, ikan lainnya seperti tuna, mujair, dan berbagai jenis ikan lainnya juga bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat abon ikan. Pemilihan ikan tongkol sebagai bahan utama abon disini dikarenakan ikan tongkol mempunyai banyak sekali vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Orang dewasa dan anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan ini dalam bentuk apapun. Cara membuat abon ikan tongkol sama dengan abon lainnya. Abon ini penuh dengan gizi dan sangat baik untuk anak-anak. Hilangkan bau amis agar lebih enak.

Olahan ikan tongkol biasanya hanya digoreng ataupun dibuat kuah tapi dengan abon ikan ini ikan tongkol menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan. Gizi dalam ikan tongkol sangat baik untuk perkembangan otak anak. Sangat disarankan jika anak-anak mengonsumsi sejenis ikan laut seperti tongkol setiap harinya. Omega 3 yang ada di dalam ikan laut memang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak apalagi anak balita yang otaknya masih berkembang dengan pesat. Olahan abon tongkol ini bisa dikonsumsi setiap hari apalagi abon tidak mudah rusak atau bau jika disimpan dalam waktu yang lama.

Abon Ikan Tongkol

Bahan yang diperlukan untuk membuat abon ikan tongkol yaitu:

  • 100 gram daging ikan tongkol yang sudah diambil durinya
  • 300 ml santan kental
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan air asam
  • Mentega secukupnya

Bumbu halus

  • Bawang putih 6 butir
  • Bawang merah 10 butir
  • ½ sendok makan ketumbar
  • 4 butir kemiri sangrai

Setelah bahan siap, cara membuat abon ikan tongkol ini yaitu:

  1. Lumuri ikan tongkol yang sudah disiapkan tanpa duri pertama dengan lemon ataupun air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih setengah jam. Air jeruk nipis ini akan membuat bau amis dari ikan menghilang.
  2. Kukus ikan tongkol tanpa duri sampai benar-benar empuk kemudian suwir-suwir menjadi kecil-kecil.
  3. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan sampai halus. Jika keluarga Anda suka dengan masakan yang berasa pedas, Anda juga bisa menambahkan beberapa cabe merah dan rawit untuk menambah rasa pedas.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan menggunakan mentega panas sampai harum dengan menggunakan mentega secukupnya. Tambahkan daun salam, lengkuas daun jeruk, dan juga serai. Masak sampai harum sampai bumbu layu lalu tambahkan santan.
  5. Tambahkan garam dan sedikit gula lalu aduk terus tambahkan lada serta gula merah sampai
  6. Masak santan beserta bumbu sampai santan mengental dan meletup-letup. Sambil menunggu meletup-letup aduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mengental dan sedikit susut tambahkan atau masukkan suwiran ikan tongkol tadi dan campur sampai merata.
  7. Masukkan air asam ke dalam adonan yang sudah tercampur dan aduk sampai rata dan tekstur daging tongkol menjadi kering dan lembut. Sambil menunggu masak aduk sampai mengering dan agar tidak lengket pada wajan.
  8. Setelah matang angkat dan sisihkan pada wadah. Taburi dengan bawang goreng.

Lihat Juga: Resep Ikan Pesmol yang Enak dan Gurih

Cara membuat abon ikan tongkol ini hampir sama dengan membuat abon lainnya. Bahan yang digunakan sama semua hanya saja bahan utamanya diganti dengan ikan tongkol. Kendala utama dalam membuat abon ikan tongkol ini adalah bau amis dalam ikan tongkol. Salah dalam mengolah ikan tongkol maka abon akan terasa tidak enak dan amis.  Rasa amis ini harus dihilangkan terlebih dahulu, sebelum disuwir-suwir dan dikukus sebaiknya rendam dengan jeruk nipis. Aroma jeruk nipis akan menghilangkan rasa amis ikan tongkol. Semakin lama direndam semakin netral rasa dari ikan tongkol.